Komisi VIII Mintan Personil TNI-Polri Ditambah Untuk Lindungi Jamaah Haji

Jakarta, Aktual.com — Ketua Tim Pengawas Haji Komisi VIII DPR, Saleh Partaonan Daulay mengungkapkan, pihaknya menemukan beberapa permasalah dalam penyelenggaran Ibadah Haji. Salah satunya, persiapan pelaksanaan haji yang membuat pelayanan haji kurang maksimal.

“Permasalahan pada persiapan pelaksanaan ibadah haji, yakni rekrutmen petugas haji, ini salah penyebab utama kurang maksimalnya pelayanan dan perlindungan jemaah haji Indonesia di Arab Saudi,” ujar Saleh di DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/10).

Saleh menjelaskan berdasarkan hasil pertemuan dengan Kepala Kantor Urusan Haji Daerah Kerja Mekkah, diakui bahwa petugas haji sangat tidak sebanding dengan jemaah. Akibatnya, tidak sedikit jemaah haji Indonesia tak mendapat perlindungan maksimal.

Sementara itu, terkait rekrutmen petugas haji, Saleh menilai, tim pembimbing ibadah haji Indonesia (TPIHI) dan tim pemandu haji daerah (TPHD) ditengarai banyak direktrut bukan dari personil yang memiliki kopentensi layak.

“Ini bisa dilihat pada penanganan insiden musibah Minan, petugas haji Indonesi tidak maksimal,” ungkapnya

Untuk mengatasi hal ini, kata Saleh, Komisi VIII DPR telah merekomendasikan pada Menteri Agama agar personil TNI-Polri lebih ditambah personilnya.

“Personil dari unsur TNI-Polri lebih memiliki kesiapan secara fisik dan mental untuk lebih meningkatkan pelindungan terhadap jemaah,” katanya

Selain itu, Saleh menuturkan, ada kekurangan yang masih perlu diperbaiki yakni menyangkut pemondokan.

“Dalam tahun ini, banyak ditemukan fasilitas pemondokan jemaah haji yang tidak berfungsi dengan baik sehingga mengganggu kenyamanan para jemaah. Minimnya jemuran pakaian di pemondokan, tidak adanya petunjuk menggunakan bahasa Indonesia,” tuturnya

Tak hanya itu, Saleh menyebutkan beberapa fasilitas pemondokan lainnya yang sangat mendasar juga perlu perbaikan agar jemaah haji Indonesia bisa melaksanakan prosesi ibadahnya dengan baik dan maksimal.

“Ada air untuk mandi dan cuci di pemondokan yang selalu panas, dispenser yang tidak memadai, dan belum maksimalnya sosialisai soal penggunaan berbagai fasilitas,” tandas Politisi PAN ini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s